SEO Wordpress Dan SEO Blogspot, Hebat Mana?





Nah, ini topik yang kadang banyak pengguna blogspot tidak terima mengenai hehehee. Wajar aja sich siapa yang akan terima kalau platform blognya dibilang begitu kan? Kali ini saya akan membahas sedikit demi sedikit mengenai hal ini karena saya sekarang pengguna wordpress sekaligus pengguna blogspot
(Maruk yah?? BIariiin!)


Kelebihan SEO Blogger Blogspot


Karena saya merupakan pengguna dari Blogspot blogger maka saya sudah tentu tahu kelebihan - kelebihan yang tersedia di dalamnya. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Permalink structure yang baik (Tahu kan kalau judul otomatis jadi URL postingan?)
  • Loading yang cepat menurut saya, lagian saya juga pernah test pake tools
  • Bisa ngoprek - ngoprek dalemannya seperti masang meta tag atau javascript dan lain sebagainya dengan mudah (menurut saya coding wordpress lebih rumit)
  • Jarang down hostingnya, tau sendiri kan kalau hosting down jangankan visitor, spider bot aja gak bisa akses ke konten
  • Lebih cepat index karena ada fitur auto ping
Oke kira - kira segitu saja kali yaah? Ada yang mau menambahkan?

Kelebihan SEO Wordpress


Naah sekarang kita lanjut kepada kelebihan wordpress di dalam SEO. Saya baru sebentar sich pakai wordpress tapi jujur lebih cepet kerasa SEO-nya. Berikut adalah kelebihannya
  • Banyak plugin yang mendukng SEO, banyak banget malah jadi gak ribet dan asli langsung ngefek dech!
  • Gampang optimasi gambar di wordpress, beda sama blogspot yang harus diotak - atik langsung via html
  • Buat sitemap juga gampang tinggal pake plugin SEO by YOAST terus submit ke Webmaster, Voilaa!! Keindex daah
  • Bisa nambahin daftar ping, perasaan saya sich cepetan wordpress dah dalam hal masuk index
  • Permalink struktur bisa diatur oleh penggunanya sesuka hati
  • Internal linking juga dibantu plugin
Yaahh intinya sich kalau wordpress tanpa plugin sepertinya bagusan blogspot dah, tapi kalau ditambahin plugin . . . .Beuuuhhh MAKNYOSHH!!!

Emang licik sich soalnya blogspot mana ada yang beginian tapi yaahh keadaannya memang begini, mau gimana lagi tooh?
 

Tau Dari Mana Wordpress Lebih Bagus Dari Blogspot SEOnya?


jadi gini lho,sebenarnya saya punya pengalaman. Cerita dikit boleh kan?

Dulu saya iseng mencoba kekuatan SEO dari blogspot dan wordpress (ketika itu saya belum menjadi pengguna wordpress). Saya mencoba membuat artikel mengenai logo di blog ini, nich artikelnya LOGO UNTUK WEBSITE ATAU BLOG , setelah diindex google lalu saya mencoba posting di blog lain yang berplatform wordpress sebagai guest blogger.

Pilihan saya jatuh pada website http://www.margasatrya.com (sekarang expire nich domain, sayang banget). Saya membuat artikel dengan tema yang sama (sebenarnya cuma saya rewrite ajah biar gak sama percis namun inti artikelnya sama dan keywordnya pun sama). Setelah saya submit, dan di publish di sana maka tidak lama kemudian muncul di index google. Tapi alangkah terkejutnya saya karena saya kalah di dalam posisi SERP padahal artikelnya mengarah ke original artikel di blog saya (dofollow lagi)! KAMPREET!

Yaahh sudahlah saya pikir cuma karena masalah algoritma Google Freshness tapi setelah saya cek beberapa minggu kemudian, tetep aja blog ini yang kalah posisinya! Duuhhh!! Ekspresi tidak percaya pun melanda wajah saya

Sayang banget sich saya gak bisa ngasih screenshootnya kalau bisa mungkin akan memperkuat kebenarannya. Pokoknya, Sejak saat itu saya yakin, wordpress itu lebih ajib dari blogspot SEO nya walaupun sama-sama cuma optimasi SEO On page doank! kalau kalian gak percaya coba dulu dech baru comment!

Terus Kok Ente Masi Pakai Blogspot?


Suka - suka ane laahh!!!! wkwkwkwk
Yang jelas ini memang blog pribadi tempat saya curhat dan segala macam. Ini blog awal saya mengenal dunia blogging sampai dapet duit dari blogging dan lain sebagainya. Kok jadi curhat colongan begini yah?

Kesimpulan SEO Wordpress VS Blogger


Menurut saya sich kesimpulan yang bisa saya sampaikan di sini, SEO wordpress lebih kuat dibandingkan dengan blogger karena selain dari pengalaman, saya juga tahu bahwa banyak plugin yang mendukung hal tersebut. Tapi tentu saja semuanya kembali lagi ke masing - masing pengguna. Kalau soal suka mana blogger atau wordpress jujur saya lebih suka blogger karena gratis dan komunitasnya banyak. hehehehe

Tapi kalau kalian mau melangkah ke next level yang lebih ajib dan mencoba nyicipin dunia blogger profesional cobalah menggunakan wordpress. Pengalaman itu harus dicari kan?

Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress

Bagi kamu yang ingin mencoba blogging menggunakan wordpress namun bingung memulai dari mana, silahkan lihat artikel Cara Membuat Blog di Wordpress. Disana dijelaskan mulai dari setup, pemilihan theme wordpress, sampai dengan plugin-plugin wajib yang dibutuhkan.


Pemilihan Hosting Untuk Wordpress

Memilih hosting untuk website berbasiskan wordpress bisa dibilang cukup sulit dikarenakan kita sebagai webmaster harus jeli dalam melihat penyedia hosting satu per satu dan melihat review satu per satu. Hal ini selain menguras waktu juga sering kali menguras kantong. Apalagi pemilihan hosting berpengaruh langsung terhadap load website dan uptime sehingga akan berefek pada performa SEO kalian.

Beruntung saat ini ada website https://www.webhostingterbaik.id yang memberikan kamu informasi dari segudang penyedia hosting mulai dari rating, harga, review-review user, kecepatan, sampai dengan pro dan kontranya.  Disana kalian dapat memilih web hosting terbaik berdasarkan rating dan review usernya.


image courtesy: http://mycoretanz.files.wordpress.com/2012/02/b-vs-w.jpg


==============================================



==============================================

loading...

loading...