Seberapa Cepat Rambut Tumbuh?


Rambut Tumbuh Panjang


Rambut manusia pada umumnya tumbuh sekitar 1,25 cm per bulan. Laju pertumbuhan itu terjadi secara konsisten di seluruh kepala. Beberapa faktor yang mungkin dapat mempengaruhi tingkat dan kualitas pertumbuhan rambut beberapa di antaranya adalah pola makan, usia, dan kesehatan.

Banyak produk yang mengklaim dapat mempercepat pertumbuhan rambut tapi pada faktanya hal tersebut tidaklah terlalu efektif, meskipun produk tersebut dapat mendorong perkembangan rambut yang sehat dan kuat

Tumbuh Rambut Terdiri Dari 3 Fase




Ketika rambut mulai tumbuh, rambut tersebut melalui tiga fase. Fase pertama adalah fase anagen, di mana rambut secara aktif tumbuh, dan dapat bertahan dua sampai enam tahun. Selama fase ini, sel-sel dalam folikel rambut akan secara aktif membelah diri dan mendorong rambut keluar dari kepala. Fase kedua adalah fase catagen, dalam fase ini laju pertumbuhan rambut akan berhenti, dan fase ketiga adalah fase telogen. Selama fase ini rambut akan rontok guna membuat jalan bagi rambut baru yang tumbuh.


Mineral Nutrisi Mempengaruhi Tumbuh Rambut




Perlu diketahui juga bahwa nutrisi dapat membantu untuk membuatnya lebih kuat dan lebih ramping. Nutrisi mineral seperti gelatin , keratin , vitamin E, dan berbagai mineral lain yang dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan. Nutrisi mineral tersebut akan membuat rambut menjadi mengkilap, tebal, dan tidak mudah rontok. Banyak orang yang menggunakan shampoo dan kondisioner guna menjaga kondisi rambut yang selalu sehat, terutama jika memiliki rambut panjang. Namun pada dasarnya hal tersebut tidak benar - benar bisa mempercepat pertumbuhan rambut, hal tersebut dikarenakan tingkat pertumbuhan dibatasi oleh pembelahan sel.


Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi laju pertumbuhan rambut diantaranya adalah usia, dan kondisi medis orang tersebut. Kondisi medis disini maksudnya adalah seseorang yang memiliki riwayat penyakit ataupun pertumbuhan hormon tertentu dalam tubuhnya.

Artikel Lain Tentang Rambut


Lihat juga artikel lainnya mengenai rambut

sumber : http://www.howitworksdaily.com/science/how-quickly-does-human-hair-grow/


==============================================



==============================================

loading...

loading...