Apakah Siklus / Daur Oksigen Itu?



Pengertian Siklus / Daur Oksigen




Pertukaran oksigen terus-menerus yang terjadi antara atmosfer dengan air, tanaman dengan makhluk hidup dan bahan mineral disebut sebagai siklus / daur oksigen. Siklus / daur oksigen adalah salah satu siklus biogeokimia.

Untuk Apakah Siklus Oksigen?




Siklus / Daur oksigen diperlukan oleh seluruh makhluk hidup karena dengan adanya gas bernama oksigen inilah kita dapat hidup. Dengan mengetahui bagaimana siklus / daur oksigen ini terjadi maka kita tentu dapat menjaga bumi kita ini. Contohnya jika kalian mengetahui siklus / daur oksigen sudah tentu kalian tidak akan melakukan pembabatan hutan secara sembarangan!


Siklus Oksigen Dengan Pemanasan Global




Siklus / daur oksigen di dunia ini semakin lama semakin buruk. Hal tersebut terutama terjadi dikarenakan banyaknya kendaraan bermotor serta pembabatan hujan yang terjadi di sana – sini. Siklus / dauroksigen di dunia ini menjadi tidak stabil sehingga terjadi pemanasan global di seluruh dunia.


Siapa Pemeran Penting dalam Siklus Oksigen?



Tanaman



Tanaman menandai awal dari siklus oksigen. Tanaman dapat menggunakan energi sinar matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat dan oksigen dalam proses yang disebut fotosintesis. Tanaman sendiri dapat menghasilkan 10 kali lebih banyak oksigen di siang hari dikarenakan mereka melakukan proses fotosintesis di siang hari menggunakan bantuan sinar matahari. Jika tanaman terus dibabat oleh manusia tentu siklus oksigen akan terganggu.


Air



Oksigen dalam air dikenal sebagai oksigen terlarut. Di dalam air juga terdapat siklus oksigen. Pada sebuah ekosistem yang sehat, tingkatan transfer oksigen ke dalam air dan penyerapan oksigen oleh organisme di dalam air berbanding lurus (stabil).


Organisme



Terakhir adalah organisme yang ada selain di air. Mereka menggunakan oksigen dalam berbagai bentuk. Peran mereka dalam siklus dimulai dengan karbon dioksida di atmosfer. Tanaman mengambil karbon dioksida dan menggabungkan dengan air untuk membuat gula dan oksigen. Hewan dan manusia menghisap oksigen dan melepaskan karbon dioksida kembali. Lalu siklus oksigen dimulai kembali.



Bagaimana Mempertahankan Siklus Oksigen



Dengan banyaknya isu global warming yang terjadi di dunia ini maka sudah tentu sekarang saatnya untuk mulai mempertahankan keberlangsungan siklus oksigen. Beberapa caranya adalah dengan menambah jumlah tanaman, menggunakan sistem tebang pilih tanam, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, dsb.


Visualisasi Siklus / Daur Oksigen




Apakah Siklus / Daur Oksigen Itu?



==============================================



==============================================

loading...

loading...