Apakah FLV (Flash Video) itu?


Apakah FLV (Flash Video) itu?


FLV atau Flash Video adalah sebuah format yang digunakan untuk menjalankan streaming video secara online. FLV sendiri merupakan salah satu format video yang paling sering digunakan oleh banyak website - website besar di internet, contohnya adalah Youtube, Routers, Hulu, Vevo, Yahoo! Video, dan lain sebagainya. Pada awalnya format FLV ini dikembangkan oleh suatu perusahaan bernama Macromedia lalu kemudian diakuisisi oleh Adobe System Inc. FLV merupakan Open Source namun sebagian besar codec yang digunakan untuk kompresi  file untuk digunakan di dalam FLV tidaklah Open Surce.


Encoding Format FLV


Flash Video atau FLV file biasanya berisi materi dikodekan dengan menggunakan codec Sorenson Spark atau VP6 format . Rilis terbaru dari Flash Player  juga mendukung H.264 video dan HE-AAC audio. Semua format konversi ini dibatasi oleh Hak Paten.


Media Yang didukung



Jenis Media Yang Didukung dalam format file FLV: [ 1 ]

  •     Video: On2 VP6 , Sorenson Spark (Sorenson H.263), Video Screen, H.264
  •     Audio: MP3 , ADPCM , Linear PCM , Nellymoser , Speex , AAC , G.711

Jenis Media yang didukung di dalam format file F4V: [ 1 ]

  •     Video: H.264
  •     Gambar (masih frame data video): GIF, PNG, JPEG
  •     Audio: AAC, HE-AAC, MP3

Aplikasi Untuk Memainkan Format FLV




Untuk melihat video yang memiliki format FLV, komputer kalian harus diinstall sebuah program bernama Flash Player. Namun karena format video ini sangat populer dan kebanyakan website besar memilih format video ini untuk video online streaming mereka maka para pembuat web browser biasanya sudah memasukkan add on Flash Player di versi browser terbarunya. Sedangkan untuk aplikasi berbasis dekstop kalian bisa menggunakan RealPlayer, VLC Media Player, atau pun Media Player Klasik.Aplikasi tersebut sangat umum digunakan di berbagai komputer untuk memutar video berformat FLV tersebut.

sumber:
wisegeek.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Flash_Video


==============================================



==============================================

loading...

loading...