Apa Itu Jaringan 3G?


Apa Itu Jaringan 3G?


Generasi ketiga atau 3G merupakan standar internasional  wide-area untuk jaringan selular yang menggantikan era jaringan 2G. Keuntungan utama dari jaringan 3G  adalah kapasitas jaringan yang lebih besar dan penggunaan spektrum radio yang lebih luas sehingga menghasilkan transmisi data yang lebih cepat untuk layanan multimedia. Sedangkan keuntungan untuk operator jaringan adalah berkurangnya biaya operasional jika dibandingkan dengan teknologi jaringan 2G.

Jaringan 3G = Bye - bye Koneksi Lemot




Jaringan 3G merupakan evolusi alami dari standar sebelumnya.Ponsel dan perangkat mobile pada zaman sekarang ini lebih canggih dibandingkan dengan sebelumnya, mereka menawarkan akses World Wide Web, email, messaging, telepon video dan layanan multimedia berkecepatan tinggi . Orang - orang tentu menginginkan untuk menonton file streaming, mendownload, menyimpan data, dan lain sebagainya melalui telepon selular mereka ataupun perangkat mobile lainnya . Dengan jaringan 3G ini maka semua dapat dilakukan dengan lebih cepat atau istilahnya "TIDAK LEMOT"

Jaringan 3G Diperkenalkan Sejak Desember 2005




Jaringan 3G telah beroperasi secara global sejak Desember 2005 dan terus menyebar. Beberapa perusahaan telekomunikasi di AS, Kanada, Asia dan Eropa yang menggunakan 3G disebut W-CDMA (Wideband Access Code Division Multiple) . Sedangkan yang lain menggunakan CDMA2000. Mereka dikenal sebagai CDMA2000 1xRTT (1 times Radio Transmission Technology) , CDA2000 EV-DO (Evolution Data Only) , dan CDMA EV-DV (Evolution Data / Voice) .

Jaringan GSM beralih ke jaringan 3G dengan memasukkan General Packet Radio Service (GPRS). Dari sini jaringan dapat dikonversi ke Universal Mobile Telecommunications System ( UMTS ), standar 3G seringkali disebut sebagai 3GSM.

Evolusi Dari Jaringan 3G yaitu 4G




Namun sekarang ini evolusi sudah berkembang lebih jauh untuk paket transmisi data yang lebih cepat yaitu 4G. Namun sayangnya Indonesia belum dapat mencicipi rasa jaringan 4G ini karena operator masih sibuk dalam persaingan jaringan 3G di tanah air. 

sumber:
wisegeek.com
id.wikipedia.org/wiki/3G


==============================================



==============================================

loading...

loading...