Copas Artikel Dan Tata Caranya!


copas copy paste

Copy Paste / Copas Artikel

Copy paste (copas) artikel adalah kegiatan mengcopy atau memperbanyak artikel dari suatu sumber. Jika tidak menyertakan backlink berupa live link maka hal tersebut merupakan Online Plagiarism alias Kejahatan dalam melakukan pelanggaran hak cipta.

Permasalahan Copas Artikel

Banyak blogger dan para webmaster sakit hati karena artikel yang telah dibuat dengan susah payah dan menyita waktu di copy paste (copas) begitu saja oleh orang lain tanpa menyisipkan live link (link yang langsung mengarah ke sumber).

Sebenarnya dari sisi SEO, artikel duplikat tanpa live link yang dicuri seperti itu tidak ada untungnya sama sekali! Malah bukan hal yang tidak mungkin karena hal tersebut website atau blog kalian masuk Google Sanbox atau bahkan dibanned! Google menyikapi hal tersebut dengan cukup serius. Google juga tidak bodoh mengenai masalah duplikat konten.

Kerugian Copas Artikel Tanpa Menyertakan Link Sumber

Kerugian dari Copas artikel itu sangat banyak sekali! Berikut adalah beberapa kerugiannya ;

  • Google yang sekaligus pemilik dan pengelola blogger.com atau blogspot.com) nyatanya sangat membenci tulisan yang berupa copy paste alias copas.. Google menyebutnya  sebagai ‘scrap content‘. Blog atau web yang merupakan hasil copy-paste alias copas akan disembunyikan dalam halaman pencarian. (SERP).
  • Yahoo ternyata lebih selektif lagi dibandingkan dengan  google. Mereka bukan sekedar menyembunyikan, halaman web atau blog , namun  juga akan dihapus dari database Yahoo
  • WordPress.com pun memperingatkan bahwa blog yang berupa copy-paste  alias copasd ari blog atau website lain, akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.  Mereka menyebutnya sebagai ‘scraper blog’. 
  • Dibenci oleh blogger lain yang dicuri artikelnya
  • Akan dicap search engine sebagai low quality content 
  • Akan mengurangi kepercayaan artikel atas suatu blog atau website
 

    Keuntungan Copas Artikel Dengan Menyertakan Link Sumber

    Copas artikel dengan menyertakan sumber itu jauh lebih menguntungkan ternyata! Bahkan Master SEO yang membuat buku SEO Book dan The Art Of SEO juga mengakuinya. Berikut adalah beberapa keuntungannya :

    1. Membuat Konten menjadi Lebih Relavan Dengan Hasil Pencarian.

    Mengapa? Karena dengan menyertakan link sumber berupa live link  yang relavan dengan artikel tersebut maka akan meningkatkan posisi SERP dan relavansi hasil pencarian. Bacalah buku SEObook milik Aaron Wall untuk lebih jelas :)

    2. Menghindari Low Quality Konten

    Artikel yang berupa copas secara keseluruhan akan menjadikkannya sebagai low quality konten di mata search engine.

    3. Menambah Kepercayaan (Trust) Di Mata Search Engine.

    Jika kalian mengambil copas dengan menyertakan link sumber berupa live link dari sumber yang terpercaya maka akan meningkatkan kepercayaan search engine akan konten tersebut. Kecuali jika website atau blog yang dijadikan sumber merupakan website milik Spammer yang menggunakan teknik Black Hat.

    4. Disukai Blogger Lain

    Tentu saja jika kalian menyertakan link sumber berupa live link maka kalian akan disukai oleh blogger lain karena membantu link building mereka. Membina hubungan yang baik antar Blogger tentu akan menambah keuntungan bagi website atau blog kalian kan?

    Tentang Copy Paste / Copas
    Jika kalian penasaran tentang copas alias copy paste, berikut adalah cuap - cuap Google mengenai hal tersebut :

    Ini merupakan pembahasan mengenai Artikel Copy paste (Copas) dari pakar SEO :

    Harapan Saya Mengenai Copas
    Harapan saya di sini adalah kesadaran akan internet sehat untuk para webmaster dan blogger Indonesia yang suka copy paste alias copas tanpa izin (tanpa menyertakan link ke arah sumber).

    Lagipula sebagai pemilik artikel, jika artikelnya dicuri tanpa menyertakan link sumber berupa live link,  mereka tidak akan RUGI, bahkan sebaliknuya yang RUGI adalah yang mengcopasny. Kalau masih belum percaya sebaiknya kalian membaca buku - buku SEO atau rajin - rajinlah main ke forum yang membahas SEO.

    So, ayo wujudkan Internet Sehat!!


    ==============================================



    ==============================================

    loading...

    loading...